buzz..buzz..buzz..

Buku Buku Ku

OK…Knapa kita mbaca buku?

  1. Biar pintar
  2. Biar nambah wawasan (sda sih)
  3. Mengisi waktu luang

Itu mungkin alasan Aq mbaca buku. Buku nambah wawasan?? Jelas. Itu terutama buat buku kuliah, or dulunya buku pelajaran. En tentunya, itu juga alasan yang membuat kita tambah pintar. Baca buku untuk mengisi waktu luang? Yups. Bener banget, pengantar tidur. Hohohoho.

Aq suka banget mbaca. Bukan kata-kata klise. Tapi emang udah jadi kebiasaan dari kecil. Selalu harus ada yang dibaca saat akan tidur. Atau waktu lagi pup (Yeah,sebagian besar orang juga melakukannya!!). Atau waktu lagi nunggu sesuatu or seseorang.

Tapi tentunya gak semua novel aq baca. Yang oke menurut aq ajah. Mengutip dari kata-kata seorang senior, “Ada dua macam buku ; Buku wajib diBeli dan Buku untuk dibaca doank”. Yups, prinsipnya dia sama dengan Aq. Ada buku yang wajib punya (koleksi bow) dan ada buku yang bener2 buat pengisi waktu luang (bisa dipinjam di TB).

Buku Wajib Punya

Buku wajib punya bagi Aq adalah buku-buku yang benar2 enak dibaca buat berulangkali (sama kayak Film). Serial Harry Potter adalah buku wajib punya nomor satu. Bela-belain dibawa dari Pekanbaru ke Jogja, karena memang sampai sekarang masih sering Aq ulang2 mbacanya. Sampe hapal dah!!. Dari mulai harganya yang 30ribuan sampai edisi terbaru yang 150rebeng. Untung aja dibeliin. Maklum, sebagai anak kos mesti perhitungan duit. kalo nggak, bisa bangkrut. Tapi Aq gak seekstrim mesti beli pas hari H yang Hardcover (yang harganya lebih mahal lagi ituh). T_T

Tetralogi Laskar Pelangi jadi buku wajib punya juga. Walau sekarang masih trilogi siyh. Agak terlambat juga ketika mengenal buku ini. Pas orang udah ramai membicarakan masterpiece-nya Andrea Hirata ini, Aq baru mulai baca en beli bukunya. Dan semuanya sudah terlambat untuk menghadiri talkshownya di Jogja (maklum, belum kenal). Tinggal berharap untuk promosi buku keempatnya deh!.

Habiburrahman ElShirazy juga menark hatiku dengan Ayat-ayat cintanya. Itu buku emang asoy geboy deh. setelah AAC nya, aqngikutin buku-buku lainnya kayak KCB dan novelet2 nya. Tapi entah mengapa karya selanjutnya memang tidak semenarik karya pertama, karena Aq merasa semua hal sudah terangkum dalam AAC (hehe, maaf yak kang Abik). Ikut seorang teman mewawancarai dia di rumahnya di Salatiga jadi pengalaman berharga buatku. karena Aq jadi tau, apa yang ada di buku adalah apa yang dia perbuat dan dia ucapkan.

Raditya Dika paling jago bikin orang ketawa. Kelihatannya, semua hal bisa dijadikan bahan lelucon buat dia. Kesedihan bisa diambil hikmahnya dan akhirnya hanya menjadi tertawaan bagi dia. How come..?? Buku terbaiknya dalah buku ke3, Radikus Makan Kakus. Buku terbarunya Merinding Disko sebenarnya oke juga, tapi sebagian sudah diceritakan di Blog. Gak rugi buat datang ke talkshownya si Radith. Lumayan buat ngilangin stress.

Buku-bukunya Adhitya Mulya juga termasuk kategori yang Aq tunggu2 kehadirannya. Tapi sayangnya, Dia lagi gak nulis. Pelampiasannya, baca Blognya yang jarang banget diUpdate, gak kayak punya bininya, Ninit Yunita. Adhitya Mulya pintar banget meletakkan logika dalam jalan cerita novel-novelnya. Semua apa adanya, gak dibuat-buat. Mantap dah. bisa kocak sekaligus mengharukan.

Masa masa beli komik udah lewat. Itu jamannya masih di Pekanbaru karena ada dekingan dana,hehehe. Dulu, komik wajib punya ku adalah UFO Baby (cewek banget!karena tokoh-tokohnya kiyut bgt), detektif Kindaichi, Family!! (lucu abis) en Rose of Versailles (susah banget nyari komik ini. udah gak terbit lagi). Mesti selektif juga kalo mbaca komik sekarang. Apalagi komik cewek, gambarnya banyak yang aneh. Ceritanya juga. Kalo komik cowok siyh, gambar2nya masih eksis (olga kali yeee…), tapi jalan ceritanya yang kadang masih sulit dimengerti dan diikuti. yang masih aman tuh, tema detektif.hehehe. So, kalau baca komik serial, Aq mending nunggu komiknya udah tamat deh, baru ngikutin. Coz Aq gak bisa nunggu yang sebulanan baru terbit seri berikutnya. Udah lupa ja kali jalan ceritanya. Aq pernah suka banget sama 20th century boys. rumit en bikin penasaran banget. Tapi,,mesti nunggu lama buat seri berikutnya, aq jadi lupa jalan cerita sebelumnya apa yak? (maklum, minjam di TB). Now, aq lagi nyari-nyari banget komik Rose Of Versailles en Candy Candy. Susah nyarinya bow.

Kalo novel, aq bisa suka setelah ada yang bilang buku itu bagus banget ceritanya. Bisa dibilang, mesti dipengaruhin orang dulu. So, aq baca buku yang dibaca orang gitu deh (bingung sendiri). To Kill a Mockingbird, The Kite Runner dll contohnya. Aq baca mereka karena gosipnya, buku itu adalah buku wajib baca sebelum mati. gila gak tuh?. aq pengen banget coba baca buku-bukunya Pramoedya Ananta Toer, karena kata orang ituh buku bagus bangett (termasuk buku wajib baca sebelum mati). Tapi masih bingung mw coba baca yang mana dulu. harus yang paling menarik dulu agar nanti-nanti gak nyesel bacanya. Karena kesan pertama sangat menentukan kelanjutannya, bukan?. Sekarang Aq lagi coba baca The Chronicles of Narnia. But, lima halaman pertama buku ini sudah sangat membosankan, gak sedahsyat filmnya. Filmnya lebih sukses daripada bukunya dalam berimajinasi (menurutku siyh…).

Buku apa lagi ya yang mw dibaca? tennlit dkk juga oke ceritanya. tapi terkadang susah punya keinginan untuk baca buku itu karena takut jalan ceritanya mengecewakan. So, nama penulis jadi jaminannya.

Saran buat orang yang pengen baca suatu buku untuk pertama kalinya : Tanya dulu ke orang yang udah baca,perihal bagus tidaknya isi buku ini. Jangan tanya satu orang aja, lebih baik banyak orang. Karena nantinya pasti ada yang bilang bagus dan tidak.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s