bookz

Yakuza Moon – Shoko Tendo

Ugh, lama juga gak ngupdate blog. Sibuk? pastinya…

Setelah hari-hari yang melelahkan selama beberapa bulan ini *guayyyaaa…*, akhirnya tiba waktu untuk memanjakan diri, lebih spesifik : wajah. Yap, yap, yap! perawatan dikit membuang kotoran-kotoran di wajah. Uhm, tapi lebih tertarik sama pijatan wajah plus leher oleh mbak-mbaknya siyh, aduhai asoy geboy.

Eniweii,, Aq baru aja selese baca novel Yakuza Moon, kisah seorang putri gangster jepang – Shoko Tendo. Pertama liat novel ini, langsung tertarik pengen baca gara-gara covernya yang lumayan oke, foto punggung cewek yang di tato. Apalagi ada embel-embel ‘based on true story’nya.

OK, ini bukan resensi ya… *karena syarat untuk meresensi buku itu adalah harus memiliki bukunya, sedangkan aq minjam doank,khekhe..*. Anggap aja menceritakan kembali.
Dikisahkan, Shoko Tendo terlahir sebagai seorang putri seorang Yakuza – mafia Jepang. Namanya juga Yakuza, kehidupan ala gangster Ayahnya telah menjadi sarapan matanya setiap hari : Tato, hostess dan preman Yakuza lainnya. Masa kecilnya dilalui di rumah mewah (versi jepang saat itu), sebagai anak preman berduit. Kehidupan seorang Yakuza ternyata tidaklah selalu diliputi kemudahan dan bergelimang harta. Ayahnya pernah masuk penjara karena memiliki banyak utang dan bahkan sampai akhirnya bangkrut, gara-gara terjebak lingkaran setan bunga utang.

Perang batin seorang Shoko Tendo telah ‘hidup’ semenjak Ia masih kecil.Semasa sekolah dasar, ia sudah dijauhi tetangga dan teman-temannya karena ia seorang anak yakuza. Ia dikerjai habis-habisan, secara fisik dan verbal. Kepercayaannya kepada orang lain hilang. Ia tenggelam dalam kesendirian, tanpa peduli dengan kehidupan orang lain.

Masa sekolah menengah, Ia mulai terjerumus dalam kehidupan remaja Jepang yang liar. Ia mengikuti kakaknya, Maki yang terpaut usia dua tahun, ke Klub malam saat ia baru berusia 12 tahun. Di ‘dunia’ baru nya itu, ia menemukan teman-teman yang peduli padanya, yang tidak munafik bermuka dua. Saat itu, kehidupan Yakuza ayahnya sudah sangat hancur, penagih utang selalu datang ke rumahnya dan menghancurkan barang-barang di rumahnya. Shoko mulai ikut-ikutan perilaku teman-teman ‘geng’ barunya, menghirup thinner sampai mabuk. Umur 12 tahun, keperawanannya sudah hilang *apakah bagi gadis Jepang, mencoba sex memang hal yang biasa ya..? di komik juga kebanyakan begitu…*. Lalu, Shoko menjadi seorang pecandu narkoba.

Shoko Tendo with *maybe* her daughter
Shoko Tendo with *maybe* her daughter

Membaca novel ini ibarat membaca kehidupan Shoko Tendo itu sendiri. Didalam novelnya, Shoko mengaku tidak bisa menulis sama sekali, jadi apa yang ada di novel adalah jujur isi hatinya. Shoko menceritakan kepedihan hidupnya, betapa ia menderita dengan hidup menjadi anak seorang Yakuza, tapi ia tak pernah membenci ayahnya karena perlakuan orang lain terhadapnya. Aq kagum banget dengan jalan hidup Shoko. Shoko, mungkin mewakili karakter orang jepang lainnya adalah seorang pekerja keras *Weehh,,gak kebayang deh, hidup kayak Shoko dengan perlakuan orang lain yang jahat sama dia, bisa-bisa aq udah stress aja tuh..*. Walau badan tinggal tulang berbalut kulit, Shoko tetap gigih mengumpulkan duit, mewujudkan cita-citanya untuk memiliki rumah sendiri.

Aq kira, menjadi anak seorang Yakuza itu hidupnya enak banget. Semua serba gampang dan mudah, karena disegani orang-orang *begitu yang tersirat di komik-komik*. Setelah baca buku ini, baru tahu deh kenyataan pahit hidup sebagai seorang Yakuza, gak enak banget. Sayang banget di novel ini, Shoko gak membahas “Jepang”. yagh, boleh dibilang bukunya ‘gelap’ banget dengan cerita berfokus dengan kehidupan suramnya. Serius, ini buku wajib baca deh!!!

Iklan

24 tanggapan untuk “Yakuza Moon – Shoko Tendo

    1. disana ga ada agama yg jelas apaan???
      disana juga ada agama dan semuanya jelas.
      bukan masalah ke barat2an, makanya baca sejarah jepang mulai dari awal…
      emank di Indonesia nga? sebenrnya di indonesia masalah free sex juga ud jadi rahasia umum kan

  1. setahu saia juga begitu. Bahkan utk kartun anak2 macam sailormoon ajah roknya mini bgt (eh tpi ada hubungannya ga yah)

    Saia sbelumnya pernah baca ulasan ttg Yakuza itu, saia kira film ternyata novel ya…

  2. betewe aniwe buswe…
    si gur lagi jatuh cinta kayaknya..jatuh cinta sama yang berbaubau jepang dah..
    apalagi biz nonton TaiyoNoUta..si gur lagi tergilagila sama YUI..hee…

  3. @ Juz
    Hare gene Rasis…???
    si Juz siyh Hollywood mania yakk..?
    ga ada salahnya lowh nonton asia juga. keren2 juga tuh..hollywood aja udah banyak remake film asia. tapi kalo china taiwan hongkong siyh aq juga kurang sreg…

    @ Bay-kun
    igh udah lama jatuh cinta nya..tapi gak sama yui kuq..YUI cukup qmu ajalah bay..

    @ Alkaf
    iya kalo seragam disana mang mini2 *yang SMA kayake* gak tau apa ngaruh gituh..?
    betewe,,hu’uh ini novel. ga tau apa mw dijadiin pilm. tapi kayaknya berpotensi besar kalu dijadiin pilm.buknya best-seller kayake

  4. seperti sudah pernah dibahas..
    sijuz cinta produl lokal..except barangbarang milik pribadi..
    [0oT]
    numpang pengumuman
    buat teman,kakak,adik,0om,tante,kakek,nenek,bapak,emak yang punya album YUI yang baru saya minta donk..

  5. ada album baru nya po..?
    harusnya kan qmu duluan yang punya,bay..*ntar aq minta…*

    betewe,,kalo nyari pilm2 jepun *download maksudnya*,dimana bay..?aq dah dapat tuh judul pilm yang disontrekin ma YUI. filmnya sedih2 kayake, makanya penasaran…cariin bay…judulnya siy ad d wiki…

  6. wah kalo cari pilm mah cukup googling sajah…
    wew pilm Yui?! janganjangan judulnya Midnight Sun yak?!
    kalo emang bener itu…
    kalo emang bener itu…
    kalo emang bener itu…
    huuf,.itu adalah bahasa inggrisnya dari TaiyoNoUta..

  7. @ bay-kun
    Ya Allah..Masya Allah..AllahuAkbar tiYokkkkkk…
    Yang aq maksud ituh bukannya pilm yang dibintangi YUI..tapi pilm dimana yui yang ngisi Soundtrack nya….
    du dud ud du du du

    @ Alkaf
    Hu’uh anda benar..
    kalo mw gugling,,ntar dapat tampilan depannya lowh…

  8. gw juga suka bgt ni buku. tapi gw liat sih gelar “putri yakuza” cuman embel2 doang, secara cerita yakuzanya dikit doang, cuman seputar bokapnya, maejima, sama taka. intinya ni buku tuh perjalanan hidup seorang wanita yg dari hidup enak keluarga kaya sampe idup susah gara2 bokapny bangkrut n jatuh miskin, n disana dy mule smuany dari 0. yg gw suka dari ni buku isinya jujur bgt, keliatan dari penulisanny yg sedikit kaku. akhir kata ni buku wajib buat yg doyan baca true story 🙂

  9. thx jefri 4 coming…

    iya,,jadi lebih ke dampak kehidupannya dia gara2 jadi putri seorang yakuza ajah…sisi gelap yakuza..yang kalo dari komik2 malah keliatan enak banget idup jadi anak yakuza…

  10. lumayan…
    setiap orang punya pengalaman sendiri yang akan membentuk kepribadiannya, hanya saja prosesnya berbeda-beda.
    semua pasti bangga dengan kisah hidupnya masing2, tapi diperlukan kejujuran dan keberanian untuk mengungkapkannya.

  11. hay….hay…
    gabung yak???
    aku juga baru beres baca YAKUZA MOON.
    hahahahahahaaaaa
    AWESOME!!!!
    Aku jadi mendadak ngefans ma Shoko, jadi aku cari2 info deh di internet.
    Oia, ada yang tau ga???
    kira2 ni buku bakal ada lanjutannya ga ya???

  12. Ehm…aq gak pernah dengar tuh kalo bakal ada lanjutannya…
    Kalo dpikir2, kalo ada lanjutan juga mw cerita apa yak..?kan kehidupannya udah normal..hehehe..

    waktu aq gugling dulu, banyak nemu situs tentang interviewnya dy koq..so gud gugling…*artinya:selamat gugling!*

    thx 4 coming

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s