moviez

Le Grand Voyage

Ini film lumayan jadul, produksi tahun 2004 dan merupakan film kelas festival. Kenapa tiba-tiba bisa nonton Le Grand Voyage, tak lain adalah setelah baca referensi film ini di majalah, dan katanya film ini bagus, oks, dan mantaps.

le grand voyage
le grand voyage

Ceritanya, Reda (Nicolas Cazale) adalah seorang anak keturunan imigran Maroko yang tinggal di Prancis. Ia diminta untuk mengantar Ayahnya (Mohamed Majd) ibadah haji ke Mekah, dengan jalur darat, alias naik mobil butut. Reda yang masih anak SMA dan sedang dimabuk cinta dengan seorang gadis non muslim bersedia mengantarkan ayahnya dengan berat hati. Ia heran, mengapa Ayahnya tidak Haji ke Mekah dengan pesawat, seperti yang dilakukan muslim-muslim lainnya.

Perjalanan mereka lalui sejauh 5000km dari Prancis ke Mekah. banyak kejadian terjadi di tengah perjalanan mereka. Film lebih berfokus pada ketidak-akuran kedua Ayah-Anak ini. Bagaimana si Ayah yang seorang Muslim taat berdampingan dengan Reda yang merupakan remaja prancis modern. Uniknya selama perjalanan, si Ayah berbicara dengan bahasa Arab Moroko dan Reda berbicara dengan bahasa Prancis. Dalam perjalanan itulah, mereka mulai saling ‘bicara’ dan saling memahami.

Awal-awal nonton, film ini terasa ‘bikin ngantuk’ karena minim backsound dan dialog. Tapi kejadian-kejadian ‘intermezo’ dalam perjalanan lumayan bikin tertarik dan menambah warna. Apalagi setelah mereka memasuki Mekah, nuansa haji begitu terasa karena ada scene dimana Reda mencari Ayahnya dikerumunan orang yang sedang haji. Kalau kata aq siyh, filmnya ‘misterius’, banyak kandungan moral dan agamis dalam le grand voyage ini. Banyak adegan yang ‘buat apa sih ni adegan?’, eh ternyata punya makna sendiri. Dialognya ‘walaupun sedikit’ tapi tidak main-main. Endingnya sedih, bikin mata berkaca-kaca n hati menangis-nangis. hukzhukzhukz.

A must see movie

Iklan

8 tanggapan untuk “Le Grand Voyage

  1. Pernah nonton.. tapi cuma sekilas2 gitu aja.
    Film berat siy keknya, ga nyampe di otak-anak-SD-kelas-tiga ku ini…
    😦

    Maklum lah ya, film2 festival kan suka kurang market-minded.
    Tp keknya siy emang bagus… keknya… (teteup…)

  2. niyh film emang bwt orang cerdas gituh..
    *jadi ingat tempat cukur cowok cerdas,,,*

    betul betul betul…film-film festival itu padahal mnurutku oke punya,,tapi karna cuma kelas festival banyak yang gak tau keberadaannya…

  3. hehehehe,,,,,,,,aq lom pernah nonton ntu,,,

    masi ada gak ntu coPyannya (tetep yah,,,gak modal )

    ngomong2 nonton, kapan nih geng, qt nonton bareng lagi??

    hoRRor tapi loh…

    kan seru, bisa teriak2 an gtu…

  4. Kapan itu aku abis nonton 4bia, horror thailand, keren !

    *yg oleh bakgur dikomentari by sms dgn : Ga ah, akhir2 ini lg penakut…*

    hufffff…. jgn kyk cewek de…
    (kekekeke)

    Trus ada rekomendasi baru dr temenku, The Ruins judulnya.
    Udah ada yg nonton? Keren tak??

  5. fyi,,
    mw pipis malam2, keingat hantu di Shutter
    mw matiin lampu bwt tidur, keingat cewek yng di Alone *yanng matanya berdarah-darah…*
    gag bisa tidur, trus melek dikit, keingat Sadako…

    Mampus..!!!
    udah jadi makan sehari-hari deh…

    Genkz…urus ajah genk kapan waktunya..

    Juz [tomat],,kayaknya pernah baca d majalah,,film asia kan?kalo film asia siyh (kecuali indonesia) dijamin keren 80 %

  6. Eh niy film lg disiarkan di RCTI lho [Kamis, 31 Des 2008 @ 01:02]. Coba aku liat dulu. Kalo bisa nonton ampe selesai [alias g tidur] ntar ak komen di sini..

    tapi koq di dubbing y? bikin g mood bwt di tonton

  7. Och..di dubbing…??agh pasti jadi gak asik…

    yang bikin khas kan cara ngomong bapak-anak itu yang nyambung lewat dua bahasa…
    di dubbing..?pake melayu versus jawa..?idih…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s