buzz..buzz..buzz..

I Have A Dream

Judul postingan ini tidak merujuk pada lagunya Westlife, melainkan pidato seorang Martin Luther King, Jr. yang terkenal dahsyat itu : “I have a dream…“.

Martin Luther King, Jr.
Martin Luther King, Jr.

“I have a dream that my four little children will one day live in a nation where they will not be judged by the color of their skin, but by the content of their character.”

Semuanya bermula dari ‘jalan-jalan’ di Facebook. Suatu malam, seorang teman asli Bali menulis di wall-nya tentang agenda acara di kampusnya bersama Hidayat Nur Wahid. Iseng-iseng, saya buka Profile-nya dan lihat Comment. Ada seorang temannya yang berkomentar *agak lupa, dan lagi malas untuk ngecek Profile-nya* sinis bahwa Hidayat Nur Wahid adalah seorang Taliban dan bla bla bla. Dugaanku sih, si temannya ini juga orang asli Bali dan mungkin seorang Hindu? Lalu iseng-iseng lagi, Aku lihat foto-fotonya. Ada satu foto perayaan di Bali *mungkin Kuningan? lupa* dimana para pria tidak memakai atasan dan wanita memakai kemben. Ada comment yang mengatakan bahwa kalau RUU Pornografi disahkan, tidak akan ada pemandangan seperti itu lagi. Lalu, ia menambahkan juga, bahwa semua ini permainan bangsa Arab yang ingin berkuasa blablablabla.

Aku kaget. Jangan-jangan yang komentar adalah orang yang sama…?

Aku, belum pernah melihat atau mendengar komentar tentang Islam yang begitu terang-terangan dari orang Indonesia sendiri. Aku kira kita hidup dengan damai, satu bangsa. Yeah, walau kadang liat berita, masih ada perang suku dan segala macam, tapi yang satu ini benar-benar bikin kaget. Temanku itu adalah seorang aktivis mahasiswa, dan Aku asumsikan temannya juga seorang yang gak jauh beda lah bidangnya sama dia. Dan dia berkomentar seperti itu? Apa jangan-jangan mereka disana juga berpikiran seperti itu? seperti…seperti…seperti…entahlah, Aku emang bukan orang paham agama, tapi untuk menjelek-jelekkan Kristen, Hindu, Budha secara terang-terangan? Bukan caraku, Bung. Oh, mungkin juga selama ini Aku yang terlalu pede merasa KITA semua hidup damai berdampingan sebangsa setanah air, padahal ternyata diluar kamarku, semua orang saling membenci karena kepercayaannya?

Then i’ll say :

“I have a dream that my little children will one day live in a nation where they will not be judged by their belief and ethnic, but by the content of their character”

Iklan

6 tanggapan untuk “I Have A Dream

  1. jangankan yg beda agama, sesama orang islam aj kadang juga sebegitu bencinya pada saudaranya [contohnya ya pada HNW itu].

    klo seseorang dewasa dlm berpikir pasti tdk akan ada pandangan2 seperti itu karena pd dasarnya kita sudah sangat terbiasa hidup dalam keberagaman..

  2. se7 pak adi deh….

    tapi beda ma kita geng…

    kita slalu rukun…

    gag pernah berantem..

    wakakakakaka,,,,,

    (tapi di belakang gag tau loh….)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s