moviez

Duyung

Duyung
Duyung

Bagi yang suka Upin-Ipin, pasti bakal suka juga sama film ini. Kenapa ? Selain menggunakan bahasa melayu Malaysia yang kental, film ini juga luuuuttccchhhhuuu sangat, menurutku. Tapi bukan kartun.

Ceritanya begini, ada seorang bujang di kampung nelayan (mmm, benar gak ya? pokoknya mereka warga laut gitulah, rumahnya diatas laut semua), Jimmy si Pendekar Laut (Saiful Apek). Si Jimmy dan Orix -temannya yang mirip beruk- tiap hari memungut sampah di laut tempat tinggalnya. Karena Jimmy yakin, kalau lautnya bersih, maka ia akan bisa bertemu dengan putri duyung yang dimpi-impikannya sejak kecil. Jimmy pun dianggap gila oleh warga selaut.

Jimmy juga punya kekasih hati masa kecil, Aspalela yang cantik. Tapi, Wak Pagek, Ayah Aspalela menolak Jimmy karena ia tidak punya pekerjaan dan tak punya tanah (pulau). Maka, dengan sampah-sampah miliknya, Jimmy pun membuat pulau sendiri didepan rumah Asplalela, demi membuktikan keseriusannya hendak mengawini Aspalela. Kordi, si berandal kampung yang juga ingin meminang Aspalela, marah dan menabrak pulau Jimmy yang berpondasikan botol-botol bekas dengan perahu boatnya. Saat Jimmy terjun ke laut mengumpulkan botol-botol itu, ia bertemu putri duyung impiannya.

Sekali lagi, ceritanya benar-benar lucu. Si Jimmy yang diperankan Saiful Apek mirip dengan Aming. Dan juga, ada lagu di film ini yang iramanya mirip lagu Bintang Kejora (kayaknya iya Bintang Kejora sih). Ceritanya, walau bodoh-bodoh ringan, sangat pintar juga menurutku. Hari gini, masa masih ada cerita putri duyung? hehehehe. Intinya, kita harus menjaga kebersihan laut dan bersahabat dengan alam. Malaysia benar-benar pandai memanfaatkan alam lautnya yang indah di film ini. Alam laut di film ini benar-benar bagus, Aku gak tahu kalau Malaysia punya potensi wisata sebagus itu.

Kalau dipikir sih, Indonesia juga punya buaaannnnyyyaaaakkkkk tempat yang bagus-bagus. Sangat bagus, malah. Sebut saja spot-spot di timur Indonesia yang kebanyakan masih perawan tapi dikuasai oleh pihak asing. Atau di barat Indonesia sini yang sudah mulai dikuasai asing juga. Whooopss, jangan salahkan mereka yang pasti kagum sama alam kita sampai ingin  memiliki. Aku juga, kalau tiba-tiba nemu pulau indah di India sana, dicuekin sama negaranya, dan pasti mendatangkan ribuan dolar ke kantong, pasti akan langsung pengen beli tuh pulau. Biar deh ngutang dulu, yang penting pulaunya di-cop-in, diolah sampai menghasilkan. Puas. Kaya.

Tujuan wisata yang selama ini ditonjolkan di Visit-Visit Indonesia dan segala macam itu, menurutku sudah jadul. Sudah “oohh ini, udah tau…biasa aja tuh”. Gak perlu juga menarik wisatawan ke Indonesia dengan iklan-iklan dan semacamnya yang mahhhaal itu *kan kita gak kaya-kaya amat juga kalau menyangkut keluar dana*. Coba lihat Korea, Jepang atau nih Malaysia, yang lewat film, dia kasih liat ke semua orang betapa indah negaranya *gak perlu Aku tambahin Eropa kan?*. Aku aja jadi pengen ke negara-negara itu. Padahal filmnya yang kutonton juga kebanyakan serial atau film komedi drama percintaan. Maka, Aku sangat bersyukur sekali ada orang-orang macam Nia Zulkarnaen dan Mira Lesmana yang mungkin masih cinta sama alam Indonesia, yang mau menunjukkan ke khalayak di luar sana kalau kita ini KAYA.*Sudah pernah lihat alam Papua sebelum nonton Denias? atau jadi pengen ke Babel setelah lihat indah pantainya di Laskar pelangi?*

Tapi, jangan sekarang dicuekin, nanti setelah disuruh bayar pake dolar padahal cuma provinsi tetangga, marah-marah *marah karena nasionalisme? atau marah karena uangnya gak masuk ke kas negara? ahh sama saja ya maksudnya?*. Atau setelah punya kawasan wisata bagus-bagus, eh gak dipelihara, dibiarin aja gak terurus, atau malah agak ekstrim, dirusak. Uhu, sedihnya.

Iklan

9 tanggapan untuk “Duyung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s