moviez

Negeri van Oranje, Negeri 5 Menara, Ai

Bulan ini selesai mbaca 3 novel : Negeri Van Orange, Negeri 5 Menara, Ai.

Negeri Van Oranje

Baca ini gara-gara dipengaruhi Mei. Katanya bagus, dan lagi sesuai dengan selera-seleranya sekarang. Novel-novel tentang kehidupan mahasiswa di Eropa. Jadi, kubelilah novel ini.

Negeri Van Oranje
Negeri Van Oranje

Kisah tentang lima mahasiswa asal Indonesia yang melanjutkan kuliah ke Belanda. Ada aktivis lingkungan hidup, penari, pengusaha, sampai pegawai departemen agama. Kita diperkenalkan kepada sosok Lintang, Banjar, Daus, Geri, dan Wicak. Jalan ceritanya ? tentu saja tentang suka-duka-pahit-manis segala pengalaman belajar di negeri kincir angin tersebut. Tentang persahabatan mereka, tentang dilema sebagai mahasiswa beasiswa yang harus kembali ke Indonesia, dan tentu saja tentangpercik-percik cinta yang muncul diantara mereka.

Biasa aja? No no no, nehi nehi nehi… Ceritanya lucu, seperti kata Andrea Hirata : “novel yang menyenangkan…”. Tips-tips hidup di Belanda disajikan dengan begitu menyenangkan *kayaknya kalo mw ke Belanda musti bawa buku ini deh*. Ceritanya serius, tapi lagi-lagi disajikan dengan begitu menyenangkan. Seperti ketika mereka dilemma akan pilihan setelah selesai belajar di Belanda, semua punya pilihan yang gak menggurui, terserah kita akan memilih kemana. Pintar aja mereka meramu semuanya ke buku ini.

Negeri 5 Menara

Kalau yang ini, tertarik baca setelah sering banget liat buku ini bertumpuk di Gramedia. Lalu gak sengaja baca resensinya di Kompas minggu, makin tertarik aja bacanya.

Berkisah tentang Alif, seorang remaja dari Maninjau, Sumatera Barat yang di’sekolah’kan Amaknya ke Pondok Madani, sebuah pesantren modern di Jawa Timur. Setengah hati Alif memasuki PM ini, karena sesungguhnya ia ingin melanjutkan ke SMA Negeri bersama sahabatnya Randai. Alif hanya tidak tahu apa yang menantinya di PM selama empat tahun kedepan.

Di novel karya A. Fuadi ini, kita diperkenalkan pada kekuatan Man Jadda Wajada : Siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan sukses. Kekuatan mimpi, ikhlas, bekerja keras mengiringi perjalanan kita mengarungi kisah-kisah di PM. Aku lebih tertarik dengan kehidupan pesantren disini *kayaknya, setting aslinya adalah Gontor. munggkiiinnn….*, dan hikmah-hikmah serta petikan dari ustad-ustad PM. Sewaktu baca resensinya di Kompas, si penulis *resensi, bukan novelnya* mengutip selembar halaman pembelajaran di novel ini, dan itulah yang membuatku berharap akan menemukan banyak petuah-petuah di novel ini. Dan, Aku gak kecewa untuk itu.

Ai : Cinta Tak Pernah Lelah Menanti

Novel ini hasil pinjaman, yang tergeletak di meja berminggu-minggu, menunggu giliran untuk dibaca. Agak remeh, malas bacanya karena baca sinopsisnya, sepertinya cuma kisah novel remaja biasa. Tapiiiiiiii, ternyata inilah Book of The Month, edisi November.

Berkisah tentang dua sahabat, Ai dan Sei yang saling menyimpan cinta dalam hati dan mengemasnya dalam bentuk persahabatan. Ai dan Sei bersahabat sejak kecil, hingga suatu hari di masa remaja mereka, datang Shin yang menjadi sahabat ketiga bagi mereka berdua. Ai yang telah patah hati akan cintanya pada Sei, mulai mencintai Shin. Dan Sei, yang semakin menyadari cintanya pada Ai semakin besar, harus bisa merelakan Ai bahagia bersama orang yang dicintainya.

Sumpah ya, awalnya memang malas banget mw baca novel ini. Apalagi settingnya di Jepang. Bukan Aku tak suka Jepangnya, tapi ini penulisnya, orang Indonesia, aneh saja kalau membayangkannya. Setelah baca novel ini, sumpah Aku langsung jatuh cinta. Ceritanya sederhana tapi rumit. Ibaratnya nih, “cuma kisah cinta dan persahabatan”. Tapiiiii,,, i love it. Aku suka dengan dialog-dialognya yang puitis tapi gak cengeng. Dengan jalan cerita yang ketebak tapi bikin penasaran. Dengan kisah cinta yang aneh tapi menyenangkan. benar-benar cintttttaaaaa sama buku ini. Janji deh, walaupun udah baca hasil pinjaman, nanti akan tetap beli buku ini. Setiap kata-kata dalam novel ini gak akan mengecewakanku, begitu berharga, layak buat dikoleksi.*gak lebay kan?*

-> Again, Aku benar-benar cinta sama novel Ai, dan begitu semangat ngasih tau ke orang-orang supaya baca novel ini. Kalau ada yang udah baca dan kecewa sama novel ini, well… selera kita beda, kawan. Tapi Aku haqqul yaqin banyak orang akan berpendapat sama denganku. Novel yang indah. Mau coba baca karya Winna Efendi yang lain, kali bakal jatuh cinta lagi.

😀

Okkkkeeeyyy,,,siap-siap sama bacaan bulan Desember. Tapi, lagi kangen pengen nonton dorama ato serial korea, tapi di Pekanbaru susah aja nyarinya. Hikz.

Ps : gak tau kenapa, gak bisa upload cover dua buku lainnya, yang muncul malah cover pertama aja.

Iklan

6 tanggapan untuk “Negeri van Oranje, Negeri 5 Menara, Ai

  1. aku juga baca ai gara2 liat posting an km yg ini gur…
    huaa…aq sedih banget bacanya….
    aku bisa ngebayangin gimana perasaan ai waktu shin meninggal….
    sedih banget…

  2. Yah gw juga baca novel Ai…
    Coba ikut dalam ceritanya,gak kebayang bgt diri gw klo jadi Sei yg udah rela seperti itu dan menyimpan semua perasaannya selama itu…emang pantes novel Ai jadi Book of The Month

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s